Warga Saree Antusias Berbelanja di Pasar Murah

Editor: Syarkawi author photo

 Warga Saree Antusias Berbelanja di Pasar Murah

Aceh Besar – Ratusan warga Saree Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, terlihat antusias berbelanja saat gelaran pasar murah yang diselenggarakan dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pangan Aceh Besar bekerjasama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh, di Halaman Meunasah Suka Damai, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Selasa (20/6/2023) siang.

Masyarakat yang mengetahui kegiatan Pasar Murah itu melalui pengumuman dari pihak Kecamatan dan Keuchik, langsung membludaki lokasi. Buktinya, dua jam sebelum dibukanya pasar murah, puluhan warga Saree sudah mulai antri untuk memperoleh kupon lebih awal. Tentu hal itu dikarenakan, barang-barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah ini lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Tepat pukul 14.00 WIB saat dibukannya gelaran pasar murah, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM diwakili Kepala Dinas Pangan Aceh Besar Ir Fuadi Akhmad menyerahkan secara simbolis paket belanja pasar murah dan diikuti oleh Camat serta unsur Forkopimcam Lembah Seulawah kepada masyarakat yang berbelanja.

Pada kesempatan itu, Kadis Pangan Aceh Besar menyampaikan, pelaksanaan pasar murah merupakan program strategis Pemkab Aceh Besar dalam rangka stabilisasi harga pangan serta pengendalian inflasi. “Sesuai arahan Pak Pj Bupati, kita di Aceh Besar menggelar pasar murah dengan sasaran langsung ke masyarakat kurang mampu, dalam upaya mendorong daya beli serta tentunya untuk menekan angka inflasi di Aceh Besar saat ini,” katanya.

Untuk itu, Fuadi berharap Pasar Murah yang digelar oleh Pemkab tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Aceh Besar secara menyeluruh. Sehingga kebutuhan rumah tangga masyarakat Aceh Besar jelang Idul Aha bisa terpenuhi.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Leumbah Seulawah Husaini SE, yang mengatakan, pasar murah tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Hari ini terbukti di Kecamatan Leumbah Seulawah tepatnya di Gampong Suka Damai Kemukiman Saree, terlihat masyarakat secara berbondong-bondong mendatangi dan mengantri untuk berbelanja pada pasar murah yang digelar oleh Pemkab Aceh Besar,” tuturnya.

Husaini berharap agar Pemkab Aceh Besar dapat kembali menggelar pasar murah di daerah tersebut dengan titik atau lokasi yang berbeda, sehingga semua masyarakat Lembah Seulawah bisa merasakan dampak dan manfaat dari pasar murah tersebut. “Semoga ada tambahan kuota atau titik dari Pemkab Aceh Besar di Kecamatan Lembah Seulawah, sehingga semua masyarakat bisa merasakan manfaat dari pasar murah ini,” pintanya.

Sementara itu salah seorang warga Suka Damai Asmiati (47), mengatakan, pasar murah yang digelar di Saree sangat membantu dirinya dan warga lain untuk mendapatkan komoditas barang dengan harga yang lebih terjangkau. Dan dia berharap agar Pemkab Aceh Besar terus mengadakan pasar murah ini, dan lebih diutamakan lagi di daerah terpencil. “Pasar murah ini sangat banyak manfaat bagi kami orang kecil, semoga kedepan pasar murah ini terus digelar didaerah kami dan kuponnya pun kalau bisa ditambahkan lagi,” ujarnya.

Salah seorang pembeli lainnya Erianti (34), juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan Perum Bulog yang sudah menggelar pasar murah di gampongnya. “Kami sangat senang dengan kehadiran pasar murah ini, semoga kedepan kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya usai membeli satu paket sembako pada pasar murah.

Sementara seorang warga lain Indrawati (45) mengatakan, pasar murah tersebut sangat membantu masyarakat karena untuk hari ini harga pangan di pasar yang sangat mahal. “Kegiatan pasar murah ini sangat membantu masyarakat, karena harga sembako hari ini yang dijual di pasar terus melonjak setiap harinya, jadi dengan hadirnya pasar murah ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama saya sendiri,” ujar wanita Jawa yang sudah puluhan tahun tinggal di Saree ini.

Pada gelaran pasar murah selain dihadiri Kadis Pangan Aceh Besar dan perwakilan Perum Bulog Kanwil Aceh, juga dihadiri Camat dan Forkopincam Lembah Seulawah, Keuchik dan perangkat Gampong Suka Damai beserta ratusan warga Saree.

Adapun untuk harga pasar murah yang digelar di Halaman Meunasah Suka Damai, Kecamatan Leumbah Seulawah beras 5 kg Rp. 40.000/sak, gula pasir 2 Kg Rp. 20.000, minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, telur ayam satu papan (30 butir) Rp.46.000 cabe merah ukuran ½ Kg dijual Rp. 9.000 dan bawang merah ½ Kg dijual Rp.16.000 dengan total satu paket Rp. 161.000..(*)

sumber: acehbesarkab.go.id

Share:
Komentar

Berita Terkini