Aceh Besar Garap 13.039 Hektar Lahan Pada Musim Tanam Gadu 2023

Editor: Syarkawi author photo

 Aceh Besar Garap 13.039 Hektar Lahan Pada Musim Tanam Gadu 2023

Aceh Besar – Aceh Besar telah memasuki Musim Tanam Gadu tahun 2023 yang diprediksi akan menggarap lahan seluas 13.039 Ha. Hal tersebut sesuai dengan hasil musyawarah jadwal turun tanam Gadu tahun ini.

“Insya Allah pada Musim Tanam Gadu tahun ini Aceh Besar prediksinya mampu menggarap sekitar 13.039 Hektar lahan tanam padi,” sebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar SP MSi melalui Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Rita Aulia SP MSi kepada Media Center Aceh Besar di Kota Jantho, Rabu (5) 7/2023).

Rita mengaku bahwa berdasarkan pengamatan dan hasil musyawarah turun sawah, terdapat kendala yang dihadapi petani pada masa tanam Gadu tahun ini, antara lain terkait ketersedian air untuk mengairi sawah yang cukup rendah. “Ketersediaan air untuk mengairi sawah yang bersumber dari Waduk Krueng Jreu dan Krueng Aceh sangat rendah,” katanya.

Ia juga menambahkan saat ini sudah mulai masuk jadwal tanam karena sesuai jadwal memang diperkirakan antara 5 sampai 28 bulan ini, beberapa daerah yang mengalami kekeringan, besar kemungkinan diprediksi akan gagal tanam akibat kemarau panjang. ” Beberapa daerah diprediksi kemungkinan gagal tanam,” demikian Rita Aulia.(*)

sumber: acehbesarkab.go.id

Share:
Komentar

Berita Terkini