Pembangunan SPAM Regional I Banda Aceh - Aceh Besar Dalam Tahap Proses Pembebasan Lahan

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh - Kapala Bidang Penyehatan Lingkungan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat Kawasan dan Pemukiman Aceh , Ir Muhammad Nazar , ST. MT Mengatakan Rencana pembangunan SPAM Regional I Banda Aceh - Aceh Besar yang Berlokasi di Kecamatan Leupung Aceh Besar .  

Berkastas 400 liter/ detik yang di bagi untuk kota Banda Aceh 200liter/ detik dan 200liter/ detik untuk masyarakat Kabupaten Aceh Besar.

Kondisi saat ini kita sedang melakukan proses pembebasan lahan , setelah kita lakukan Identifikasi kemarin diperkirakan luas lahannya kurang lebih ada sekitar 2,6 Hektar terdiri dari 107 bidang tanah dan kebun masyarakat yang terletak di Gp Meunasah Masjid, Gp Bak U dan Gp Deah Mamplam Kec Leupung Aceh Besar . Hal itu dikatakan oleh Ir. Muhammad Nazar, ST.MT.IPM. Rabu (30/8/2023) waktu lalu.

" Saat ini sedang dalam tahap pengadaan bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, untuk perkiraan besaran anggaran keseluruhan kegiatan pembebasan lahan kurang lebih sekitar Rp 3 Milyar, namun demikian dalam hal berapa harga lahan yang harus dibayar kami masih menunggu ketetapan penilaian harga yang ditentukan oleh KJPP atau jasa penilai " Kata Muhammad Nazar.

Lanjutnya, Muhammad Nazar mengatakan saat ini masih proses tahap persiapan. Belum proses pelaksanaan pembebasan hak, tegasnya.

Dijelaskan, Spam Regional I Banda Aceh - Aceh Besar airnya bersumber dari sungai Krueng Beurayen Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar .

kedepannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di kawasan kabupaten Aceh Besar dan kota Banda Aceh , seperti untuk Aceh Besar meliputi kecamatan Leupung, Lhoknga, Peukan Bada, Darul Imarah dan Kecamatan Darul Kamal .

Sedangkan untuk pemenuhan air bersih wilayah Banda Aceh meliputi Kecamatan Jaya Baru, Meraxa, Banda Raya, Baiturrahman dan Kecamatan Kuta Raja.

" Kita berharap dalam pembangunanya kedepan dalam hal anggaran kita bisa di bantu oleh pusat ( ABPN) serta dalam hal pembebasan lahan kita berharap bisa berjalan lancar dan selesai tahun pada tahun 2023 ini " harapnya.


Sumber : Liputan07.com
Share:
Komentar

Berita Terkini