Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Menggelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit Masyarakat

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Tengah Menggelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit Masyarakat yang berlangsung di Hotel Lingeland Takengon pada Rabu, 20 September 2023. 

Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan, dan Sumber Daya Manusia Ir. Khaidir, MM, dengan tegas membuka Sosialisasi ini.

Mengambil tema penting, yakni "berantas peredaran narkoba, minuman keras, judi, seks bebas, dan kriminalitas lainnya untuk melahirkan pemilih yang cerdas pada Pemilu dan Pemilukada tahun 2024." Acara ini dihadiri oleh unsur pemuda-pemudi Kampung, Siswa/i SMA/Sederajat, dan Tokoh Agama di Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam sambutan tertulisnya, Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat.

Penyakit masyarakat atau yang sering disebut sebagai penyakit sosial adalah suatu keadaan yang dianggap tidak sesuai dengan norma hukum yang berlaku, adat istiadat, kebiasaan, dan norma agama. Bentuk-bentuk penyimpangan tersebut, jika dibiarkan berkembang, akan menyebabkan timbulnya penyakit sosial dalam masyarakat. Dengan kata lain, penyakit sosial adalah bentuk penyimpangan terhadap norma masyarakat yang terus-menerus terjadi.

"Oleh karena itu, kami berharap bahwa melalui sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat, kita dapat membentuk pemilih pemula yang cerdas dalam menghadapi Pemilu dan Pemilukada 2024," ujarnya.

Selanjutnya, berdasarkan permasalahan-permasalahan sosial yang terus berkembang di masyarakat, khususnya pada pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti pesta demokrasi, baik itu Pemilu maupun Pemilukada, perlu dipahami bahwa penyakit masyarakat ini tidak muncul begitu saja. Ada berbagai penyebab seperti perbedaan status sosial, kurangnya pemahaman agama, kebutuhan ekonomi yang mendesak, pengaruh media sosial, dan faktor-faktor lainnya.

"Oleh karena itu, kita harus bersama-sama berupaya mencegah hal-hal seperti ini, karena ini sangat berkaitan dengan stabilitas emosi kita, terutama bagi pemilih pemula," kata Khaidir.

"Apabila kita dapat menjauhkan diri dari penyakit-penyakit demikian, maka generasi muda kita akan menjadi pemilih pemula yang cerdas, yang dapat membuat pilihan berdasarkan akal sehat untuk menentukan masa depan bangsa kita," lanjutnya.

Sebagai penutup, Penjabat Bupati Aceh Tengah, melalui sambutan tertulisnya, mengharapkan agar pelaksanaan sosialisasi pencegahan penyakit masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

"Kepada semua peserta sosialisasi, kami berharap agar kalian mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian dan dapat mengambil manfaat yang maksimal dari kegiatan ini. Manfaat ini nantinya dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemilih pemula yang cerdas dalam menentukan masa depan bangsa kita," Tutup Khaidir.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini