Uji Kemampuan Prajurit, Kodim 0102/Pidie Adakan Uji Garjas Periodik II dan UKP Tahun Angaran 2023

Editor: Syarkawi author photo


Pidie – Personel Kodim 0102/Pidie melaksanakan Uji Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II dan Kesemaptaan personel UKP (Usulan Kenaikan Pangkat) TA. 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Bola kaki Blang Paseh, Desa Blang Paseh Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Selasa (31/10/2023).

Uji kesemaptaan ini adalah bagian dari program rutin dari komando atas, bertujuan untuk memeriksa dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI AD, khususnya Kodim 0102/Pidie, agar mereka dapat menjalankan tugas pokoknya dengan lancar dan maksimal.

Dalam pelaksanaan uji kesemaptaan prajurit tersebut terdapat dua materi yang harus di laksanakan yaitu kesegaran jasmani A dan B. Kesegaran jasmani A mencakup lari selama 12 menit, sementara tes kesegaran jasmani B meliputi dari Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Shuttle Run, di tambah dengan ketangsan Renang dasar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0102/Pidie yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari 30 Oktober hingga 01 November 2023.

Sebelum menjalani Uji kesamaptaan, personel melaksanakan pengisian blangko yang dipandu oleh Tim Jasmani Militer Korem 011/Lilawangsa, yang kemudian menjalani pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari FKTP Yudha Bakti Polkes IM/09.01 Sigli.

Serma Matsuyono, selaku ketua Tim Jasmani Korem 011/Lilawangsa, memberikan pengarahan kepada peserta, menekankan pentingnya mengikuti prosedur dan arahan dari tim penguji serta memperhatikan faktor keamanan selama pelaksanaan Uji kesamaptaan.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M. Han., melalui Perwira seksi Personaliya Kapten Inf Ibrahim, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik personel, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas TNI AD di wilayah Kodim 0102/Pidie dengan baik.

Di jelaskan juga bahwa Uji Kesegaran Jasmani ini sangat penting, terutama bagi prajurit yang akan mengajukan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) dan bagi kelengkapan administrasi dalam mengikuti pendidikan alih golongan. Dandim juga mendorong agar pembinaan fisik dilakukan secara teratur terukur dan berjenjang.

Lebih lanjut Dandim menekankan kepada seluruh anggota yang akan mengikuti uji kesegaran jasmani untuk melaksanakannya dengan serius dan memperhatikan faktor keamanan, guna menghindari risiko yang dapat membahayakan diri sendiri.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini