Tol Sibanceh Seksi Padang Tiji-Seulimum Rampung Akhir Tahun Ini

Editor: Syarkawi author photo

 Tol Sibanceh Seksi Padang Tiji-Seulimum Rampung Akhir Tahun Ini

Banda Aceh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyebutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Sigli–Banda Aceh (Sibanceh) seksi I Padang Tiji–Seulimum (25 km) bakal rampung pada Kuartal IV tahun 2024.

Menurutnya progres pengadaan lahan di Sigli–Banda Aceh Seksi I Padang Tiji–Seulimum saat ini sudah mencapai 76,65 persen.

“Sementara progres pengerjaan fisik jalan tol ini sudah mencapai 88,55 persen,” kata Adjib dalam keterangannya, Selasa (9/7).

Adjib menjelaskan, ketersediaan lahan untuk pembangunan jalan Tol Sibanceh ini sudah hampir selesai, sehingga proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar.

Ia menyebut, jalan Tol Sibanceh memiliki panjang keseluruhan total 74 km yang kemudian terbagi menjadi 6 Seksi. Jika tersambung sepenuhnya, maka Tol Sibanceh akan dilengkapi dengan enam simpang susun, tujuh gerbang tol, dan jumlah lajur 2×2 pada tahap awal dengan kecepatan rencana 100 km/jam.

“Untuk kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga tengah membangun empat buah TIP atau Rest Area yang ditargetkan rampung pada kuartal III mendatang,” ujarnya.

“Jika Seksi I rampung, maka Tol Sigli–Banda Aceh akan tersambung sepenuhnya dan dapat mengefisiensikan waktu tempuh dari Sigli ke Banda Aceh yang sebelumnya 2-2,5 jam menjadi 1-1,5 jam perjalanan saja,” tambahnya. (red/habaaceh)

Share:
Komentar

Berita Terkini