Berburu babi hutan dengan anjing yang terlatih di pantan nangka kecamatan Linge Aceh tengah.

Editor: Serikat Aceh. author photo
Berburu babi hutan dengan anjing yang terlatih di pantan nangka kecamatan Linge Aceh tengah.

Aceh Tengah, meuligoeaceh.com
Kampung pantan Nangka kecamatan Linge kemukiman Gelung perajah sepakat setiap hari Selasa melaksanakan kegiatan berburu babi untuk pencegahan hama babi yang merugikan petani setempat.

Pantan nangka adalah salah satu desa dalam wilayah kecamatan Linge penduduknya mayoritas bertani inisiatif berburu babi untuk pencegahan hama  babi ini disepakati kelompok warga dikarenakan kian meruginya petani dari tahun ke tahun sehingga terbentuklah kelompok berburu babi harapan bisa berkurang atau keberadaannya jauh dari permukiman warga setempat lokasi sawah atau pun kebun yang dipaparkan oleh warga kampung pantannangka.
 
Kelompok berburu ini diketuai oleh Hamdan Kawi dan suriadi didukung oleh pemerintahan kampung setempat yang  sangat peduli dengan keluhan warga tentang hama babi ini karena membawa dampak hasil tani masyarakat setempat. 

Masyarakat kampung pantannangka sangat mendukung dengan adanya kegiatan berburu babi setiap hari Selasa,warga terkadang tidak beraktifitas kebun atau kesawah tetapi ikut gabung berburu,ternak kambing warga pada hari itu sepakat dikandangkan supaya tidak berkeliaran.

Puluhan warga ikut berburu sambil menyalurkan hoby juga puluhan anjing pemburu diturunkan yang sudah terlatih di segala Medan didarat juga di air.

Hama babi ini mungkin dipicu semakin langkanya makannya dihutan   maka babi ini turun ke sekitar kampung diareal yang berdekatan semak  semak belukar,sebagai upaya untuk membasi hama ini  yang mengancam pertanian masyarakat sehingga nanti dapat mendorong peningkatan produksi pertanian kedepannya dan kegiatan berburu ini pada pagi hari hingga menjelang sore ketika perburuan dimulai anjing yang sudah mengendus keberadaan babi akan dilepas ikatan tali di lenya sehingga tidak bisa lari di karenakan puluhan anjing yang sudah terlatih akan menerkam dari segala arah demikian penjelasannya dari warga setempat.
Share:
Komentar

Berita Terkini