Trend Kunjungan Pasien Covid di RSUDZA Belum Menurun Direktur Berbagi Pengalaman Sebagai Penyintas

Editor: Syarkawi author photo
Jubir RSUDZA Rahmadi SKM,



BANDA ACEH I TREND kunjungan pasien rawat di rumah sakit lapangan khusus layanan Covid di RSUDZA Banda Aceh belum menampakkan gejala menurun daam sepekan terakhir. Angka rawatan total yang mencakup ruang RICU, RHCU hingga pinere tetap berada di atas angka 100, baik itu terkonfirmasi positif atau probable.

Hal itu diungkapkan Direktur RSUDZA, dr Isra Firmansyah SpA melalui Jubir RSUDZA Rahmadi SKM, Senin (21/06/2021) petang.

Rahmadi merincikan, jumlah pasien yang dirawat pada Senin di RS Lapangan RSUDZA mencapai 105 orangm sebanyak 96 orang dinyatakan terkonfirmasi positif. Sedangkan sembilan orang lainnya dinyatakan probable atau menunggu kepasian dari Swab RT PCR.

Sementara itu, total pasien konfirmasi positif yang pernah dirawat di RSUDZA selama pandemic covid melanda Aceh adalah 1654 orang. Sebanyak 1192 orang dinyatakan sembuh dan meninggal sejumlah 366 orang. Sedangkan jumlah discarded atau pasien yang telah dinyatakan negated dengan dua kali RT PCR mencapai 935 orang
Vaksin Kurangi Gejala Berat Jika Terpapar Covid-19.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), dr Isra Firmansyah SpA, berbagi pengalamannya sebagai penyintas (eks terpapar Covid-19), sementara yang bersangkutan sudah menerima suntikan vaksin.

Isra mengatakan, vaksin tidak mencegah terjadinya penularan Covid-19. Namun dengan adanya vaksin, maka potensi seseorang untuk bergejala atau jatuh sakit dengan kondisi parah ketika tertular virus corona iu dapat dikurangi.


Hal tersebut disampaikan Isra Firmansyah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) vaksinasi ASN bersama jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang digelar secara virtual, dari Kantor Gubernur Aceh, (21/6). “Manfaat vaksin Covid-19 dalam mencegah gejala sedang hingga sangat berat tercatat mencapai 90 persen,” kata Isra.

Isra menjelaskan, setiap orang yang sudah divaksin masih memiliki peluang untuk tertular virus corona apabila abai menerapkan protokol kesehatan. Ia menyarankan semua pihak untuk disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan meskipun sudah divaksin.

Berikut rincian lengkap pasien yang sedang dirawat: 105 orang (96 konfirmasi positif, 9 Probable) terdiri dari:

*RICU : 11 ( 10 Konfirmasi, 1 Probable)
*RHCU : 15 (15 Konfirmasi, 0 Probable)
*Ruang Isolasi Pinere : 28 ( 28 Konfirmasi, 0 Probable)
*Ruang Rawat Pinere 1 : 12 ( 12 Konfirmasi, 0 Probable)
*Ruang Rawat Pinere 3 : 18 ( 18 Konfirmasi, 0 Probable)
*Ruang Rawat Pinere 4 : 8 ( 2 Konfirmasi, 6 Probable)
*Ruang Rawat Pinere 6 : 13 ( 11 Konfirmasi, 2 Probable)
[*]
Share:
Komentar

Berita Terkini