Kakanwil: Sebagai Agen Perubahan Mahasiswa Harus Kedepankan Moderasi Beragama

Editor: Syarkawi author photo

 

Banda Aceh — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, mahasiswa sebagai agen perubahan harus mengedepankan moderasi beragama.

Hal ini disampaikan Iqbal saat menjadi pemateri dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) PBAK Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh yang dilaksanakan secara daring, Kamis, 26 Agustus 2021.

Iqbal menjelaskan, moderasi beragama adalah memoderatkan sikap dalam  bukan memoderatkan agama.

“Dengan program moderasi ini bagaimana kita memahami agama secara benar dan sempurna artinya tidak memahami agama secara parsial,” kata Iqbal.

Ia menjelaskan, sebagai negara yang heterogen, tentunya perbedaan-perbedaan akan selalu ada.

Namun, menurutnya, perbedaan tersebut tidak akan memunculkan permasalahan selama semua pihak memiliki sikap saling menghargai dan saling mencari persamaan di antara perbedaan yang ada.

“Perbedaan ini pasti ada persamaan, usaha kita adalah mencari persamaaan dalam perbedaan bukan sebaliknya. Seperti perbedaan pemahanan dalam masalah  agama, kalau cari perbedaan memang tidak akan menemukan titik temu, dan perbedaan itu memang selalu ada,” katanya.

“Carilah kesamaan misalnya kesamaan kita sebagai muslim, kesamaan kita sebagai orang Aceh, kesamaan kita sebagai orang yang beriman. Ketika persamaan ini kita cari masalah yang tidak substantif tidak akan menjadi besar,” ujarnya lagi.

Iqbal berpesan kepada para mahasiswa baru UIN Ar-Raniry untuk selalu mengedepankan ukhwah islamiyah dan juga sikap saling menghargai perbedaan antar sesama.

“Dalam konsep keberagamaan termasuk dalam budaya kita berbeda kita semua berbeda kabupaten/kota tentu budaya berbeda, ketika perbedaan ini kita pahami ketika perbedaan kecil itu tidak akan menjadi persoalan, tapi ketika perbedaan kecil dibesarkan ini memunculkan kebencian dan memutus silaturrahmi antara kita. Dalam hal ukhwah ini hatus benar kita jaga,” katanya.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini