“Apa Beda PPPK dan PNS? Simak Penjelasan Status, Gaji, hingga Masa Pensiunnya

Editor: Syarkawi author photo
Apa Beda PPPK dan PNS? Simak Penjelasan Status, Gaji, hingga Masa Pensiunnya – Peserta mengikuti ujian kompetensi dasar (SKD) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Kampus Pondok Labu, Senin (4/10/2021). [Antara/Sihol Hasugian]

 


Meuligoe Aceh.com — Anda mungkin masih bingung beda PPPK dan PNS. Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebenarnya sama dan memiliki kesetaraan status kepegawaian.

Hal yang membedakan PPPK dan PNS tidak hanya dari gaji dan uang pensiun. Nah, ada beberapa aspek lainnya yang membuat beda PPPK dan PNS mari kita bahas di bawah ini.

Berikut Beda PPPK dan PNS yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Beda PPPK dan PNS dari segi status kepegawaian

Dilansir dari berbagai sumber, PNS adalah pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat menjadi pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dan memiliki nomor kepegawaian secara nasional. Dengan kata lain, status kepegawaian PNS bersifat sebagai pegawai tetap.

Sedangkan status kepegawaian PPPK merupakan pegawai ASN yang diangkat dengan perjanjian kontrak kerja dalam jabatan tertentu oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan Ketentuan Undang-undang. Dengan kata lain PPPK bersifat pegawai kontrak dengan masa kerja dalam jangka waktu tertentu saja.

2. Beda PPPK dan PNS dari segi masa pensiunnya

PNS dapat pensiun di usia lebih dari 58 tahun untuk Pejabat Administrasi atau 60 tahun untuk Pejabat Pimpinan Tinggi karena status kepegawaiannya yang bersifat tetap. Sedangkan PPPK yang bekerja berdasarkan kontrak kerja maka masa kerjanya berdasarkan pada perjanjian tersebut yang mana paling singkat satu tahun.

Masa kerja PPPK bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dari instansi dan penilaian kinerja. Dapat dibilang, seorang pegawai berstatus PPPK memiliki masa pensiun yang fleksibel daripada PNS.

3. Beda PPPK dan PNS dari segi hak cuti dan lain-lain

Dari segi hak cuti dan lain-lain, PNS memiliki hak untuk mengajukan dan mendapatkan cuti, berhak atas jaminan pensiun, jaminan hari tua, berhak atas berbagai fasilitas, perlindungan, dan pengembangan kompetensi kerja. Sementara PPPK berhak atas mendapatkan cuti, perlindungan, dan pengembangan kompetensi saja.

4. Beda PPPK dan PNS dari segi jumlah gaji

Nilai gaji PNS diatur berdasarkan perundangan-undangan dan golongan. Sementara nilai gaji PPPK ditentukan oleh nilai gaji sebelum dikenakan potongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan undang-undang di bidang pajak penghasilan.

PPPK berhak mendapatkan kenaikan gaji secara berkala atau mendapatkan hak kenaikan gaji istimewa. Sementara tentang gaji tunjangan, PNS dan PPPK sama-sama berhak atas berbagai tunjangan sesuai dengan kebijakan instansi pemerintah setempat, tempat di mana PNS dan PPPK bekerja.

5. Beda PPPK dan PNS dari segi jenjang karir

Dalam hal jenjang karir, PNS lebih menjanjikan daripada PPPK karena PNS memiliki jenjang karir yang lebih jelas. PNS dapat mengincar posisi yang lebih tinggi sampai menjadi pimpinan utama. Sementara PPPK bila ingin menduduki posisi sebagai pemimpin utama harus melalui pengangkatan jabatan bagi pegawai di luar instansi atau disebut dengan istilah open bidding.

Menurut Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 pasal 99, seorang pegawai berstatus PPPK tidak dapat diangkat secara otomatis menjadi calon PNS. Demikian beda PPPK dan PNS dari status kepegawaian sampai jenjang karir. Semoga mencerahkan. “

Sumber: Suara.com

Share:
Komentar

Berita Terkini