“Pengamatan Hilal Rabiul Akhir, Tim Falakiyah: Hilal tak Terlihat pada 29 Rabiul Awal

Editor: Syarkawi author photo

 

Lhoknga  — Hasil pengamatan hilal Rabi’ul Akhir dari Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, pada Jumat, 29 Rabi’ul Awal 1443 H (5/11/2021), menyatakan hilal tidak terlihat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, hasil disimpulkan oleh Tim Falakiyah yang bertugas usai melakukan pengamatan hingga bulan terbenam sepenuhnya pada pukul 18.49.57 WIB.

Anggota Tim Falakiyah Aceh yang juga merupakan staf Observatorium Tgk Chik Kuta Karang, Rahmatul Fahmi menjelaskan, kondisi ufuk barat terpantau berawan sejak siang hari.

“Dari informasi citra satelit pada situs BMKG, wilayah pesisir Aceh bagian barat hingga Samudera Hindia sejak siang diselimuti awan tebal. Namun kami tetap melakukan pengamatan dengan harapan dapat menemukan hilal dari celah-celah awan, tapi tidak berhasil,” ujarnya.

Berdasarkan data falakiyah, ketinggian bulan pada hari pengamatan berada pada 6° 14’ 3,6” dengan elongasi 7° 19’ 31,8”.

Selain itu, azzimuth bulan berada pada 251° 49’ 09” pada saat matahari terbenam pukul 18.19.29 WIB atau berada di sisi selatan matahari yang berada pada azzimuth 254° 11’ 18”.

Dalam pengamatan ini Tim Falakiyah menggunakan dua teleskop utama, Vixen VC200L dan William GTF 81. []”

Share:
Komentar

Berita Terkini