“Pengurus IPHI Banda Aceh di Lantik, H Fauzan Zakaria M,Si Sebagai Ketua

Editor: Syarkawi author photo

 

H. Fauzan Zakaria, M, Si sebagai Ketua IPHI Kota Banda Aceh periode 2022-2027

Banda Aceh – Ketua Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Aceh, Dr. H. Bustami Usman, SH, SAP, M.Si melantik H. Fauzan Zakaria, M, Si sebagai Ketua dan Pengurus IPHI Kota Banda Aceh periode 2022-2027 di Aula Mawardy Nurdin Pemko Banda Aceh, Sabtu (22/10/2022).

Diawali  Penyerahan Santunan Anak yatim-piatu yang diserahkan  oleh Pj Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq yang di dampingi Ketua IPHI Terpilih H. Fauzan Zakaria, M, Si.

Dok, Ist

Pelantikan dan Rakerda Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Banda Aceh tersebut turut disaksikan Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, Wakil Ketua DPRK Usman dan sejumlah pengurus IPHI Provinsi Aceh.

Ketua terpilih Fauzan Zakaria dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Pj wali kota untuk IPHI, dan akan terus mendukung sejumlah program keagamaan yang sedang dilakukan Pemko Banda Aceh.

“Kami akan terus senantiasa mendukung Pak Bakri Siddiq dalam menerapkan syariat Islam dan program memakmurkan masjid lewat “Sajadah Fajar dan Safari Jumat yang sangat bermanfaat bagi para jamaah masjid maupun masyarakat Kota Banda Aceh,” kata Fauzan.

Selanjutnya, H. Fauzan Zakaria mengatakan, visi dan misi IPHI Banda Aceh adalah dapat mengimplementasikan haji mabrur di tengah-tengah masyarakat sehingga tercapai kondisi umat yang sejahtera secara lahir dan batin.

“Misi IPHI Banda Aceh bisa memberdayakan jamaah haji dalam melestarikan kemabruran hajinya untuk menjadi teladan, panutan dan juga pilar kualitas umat masyarakat Kota Banda Aceh,” kata panggilan akrab Ustadz Fauzan.

Ustadz Fauzan menyampaikan, IPHI Banda Aceh berencana untuk membentuk IPHI Peduli. Namun belum terealisasi dikarenakan pandemi, padahal program IPHI Peduli sudah disiapkan dari jauh hari.

“IPHI ini wujud dari kerja sosial para anggota, misalnya peduli sesama dan peduli lingkungan. Di sini kita akan bergerak bersama secara gotong-royong untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan umat. Kita akan bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan kita juga bisa melakukan kerja bakti seperti membersihkan masjid umpamanya,” terangnya,

Dalam kepengurusannya, ustadz Fauzan berharap agar program-program IPHI Banda Aceh ke depan dapat menyentuh kebahagiaan anggota sekaligus bernilai positif bagi umat.

“Kita akan membangun kebersamaan. Kita rancang kegiatan-kegiatan yang berdampak kepada umat, dan konsepnya harus
mendatangkan kebahagiaan bersama,” ujarnya.

Ustadz Fauzan menjelaskan, IPHI merupakan organisasi kemasyarakatan bagi orang-orang yang sudah berhaji. Di IPHI terdapat dua hal yang menjadi fokus utama, yaitu untuk menjaga kemabruran haji, dan kedua, memberdayakan ekonomi serta semangat moral kepada orang-orang yang sudah berhaji.

“IPHI Banda Aceh akan mengajak para anggotanya yang sudah berhaji untuk berserikat dan saling mengingatkan agar tidak terjerumus dalam kemungkaran. Mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan amal ma’ruf nahi mungkar,” tuturnya.

PJ Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq

Seusai pelantikan, Bakri Siddiq mengucapkan selamat kepada para Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Banda Aceh. Kata Bakri Siddiq, IPHI Kota Banda Aceh adalah mitra strategis yang bisa memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian pembangunan, khususnya di Kota Banda Aceh.

“IPHI merupakan organisasi kebajikan yang bersifat independen, beraqidah Islam dan sebagai tempat berhimpunnya para alumni Haji untuk menjaga kemabruran Haji sebagai wadah persaudaraan dan pengabdian Haji dalam mengoptimalkan potensi diri bagi kemaslahatan sebagaimana tugas yang Allah SWT amanahkan kepada ummat Islam,” ujar Bakri Siddiq.

Dok, Ist

Kepada organisasi IPHI, Bakri Siddiq berharap dapat ikut berperan lebih aktif, khususnya didalam penerapan syariat Islam. Melalui organisasi IPHI, para Haji dan Hajjah dapat memberikan dukungan kepada Pemerintah dalam implementasi syariat Islam.

“Kami berharap IPHI nantinya menjadi garda terdepan dalam memuliakan masjid dan terus komit bersama mendukung Pemerintah Kota Banda Aceh dengan sejumlah program-program yang bermanfaat dalam penerapan syariat Islam,” harap Bakri Siddiq.[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini