JCH Asal Aceh Tengah Berangkat Menuju Tanah Suci

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Tengah tahun 2023, Jum'at malam (26/5/2023), dilepas keberangkatannya menuju Tanah Suci.

Pelepasan JCH Aceh Tengah ini dilakukan oleh Pj Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, didampingi segenap unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag dan sejumlah pimpinan OPD/SKPK lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, di halaman Masjid Agung Ruhama, Takengon.

Kuota JCH Aceh Tengah tahun ini adalah 154 orang, namun 1 orang gagal berangkat karena sakit, sehingga jumlah JCH yang berangkat malam ini sebanyak 153 orang. JCH asal Aceh Tengah ini tergabung dengan Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Aceh, bersama JCH asal Kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues.

Sabtu pagi (27/5/2023) JCH Kloter 5 ini akan langsung masuk ke asrama haji di Banda Aceh, dan rencananya hari Minggu (28/5/2023) sekitar jam 05.40, rombongan ini akan terbang menuju Arab Saudi dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 2015.

Acara pelepasan CJH Aceh Tengah ini dimulai dengan prosesi tepung tawar atau pesejuk, dilanjutkan dengan pembacaan do'a dan sambutan singkat Pj Bupati.

Dalam sambutannya, Pj Bupati T. Mirzuan berpesan agar para jemaah selalu menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci, supaya dapat melaksanakan syarat dan rukun haji dengan sempurna.

"Bapak ibu sekalian, kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini cukup panas, untuk itu mohon bapak ibu selalu menjaga kesehatan dan kebugaran badan, supaya bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna, tolong jaga pola makan dan perbanyak minum air putih" pesan Mirzuan.

Mirzuan juga mendo'akan, semua jema'ah haji mendapat haji mabrur dan nantinya kembali ke tanah air dalam keadaan selamat.

"Kami ikut mendo'akan supaya bapak ibu menjadi haji yang mabrur dan nantinya kembali lagi bersama kami dalam keadaan sehat dan selamat" pungkasnya.

Dalam rombongan JCH Aceh Tengah ini, calon haji tertua berusia 92 tahun, sementara yang termuda berusia 19 tahun. Pelepasan JCH ini juga disaksikan oleh ratusan warga dari seluruh Aceh Tengah yang ingin menyaksikan keberangkatan saudara mereka menuju tanah suci. []

Share:
Komentar

Berita Terkini