Masuki Awal Tahun Ajaran Baru, Seluruh Pimpinan OPD Jadi Inspektur Upacara di Sekolah

Editor: Syarkawi author photo

 


Takengon - Menindak lanjuti surat dari Menteri Dalam Negeri, nomor 400.10.1.1/5736/POLPUM, tanggal 20 Juni 2023, perihal Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih, Pj Bupati Aceh Tengah, menugaskan seluruh pimpinan OPD/SKPK dan Camat untuk menjadi inspektur upacara berdera perdana di awal tahun ajaran baru 2023/2024, secara serentak hari ini, Senin (17/7/2023) di semua sekolah di Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam upacara yang digelar di semua jenjang sekolah tersebut, para inspektur upacara membacakan amanat tertulis dari Pj Bupati.

Dalam amanatnya, Pj Bupati menyampaikan bahwa para siswa adalah aset bangsa yang akan memegang estafet kepemimpinan di negeri ini. Oleh karenanya, perlu dipersiapkan sedini mungkin, agar nantinya mereka siap untuk menhemban tugas melanjutkan pembangunan negara dan daerah.

Yang terpenting menurut Pj Bupati, dalam menyiapkan generasi emas ini adalah pembetukan karakter siswa yang memiliki kepribadian luhur, jiwa nasionalisme dan integritas terhadap bangsa dan negara.

"Pembentukan karakter atau caracter building merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara, hilangnya katakter generasi bangsa akan menyebabkan hilangnya sebuah bangsa, oleh karenanya pembentukan karakter harus dimulai sedini mungkin, agar mampu melahirkan generasi tangguh yang mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia" ungkap Pj Bupati dalam amanat tertulisnya.

Terkait dengan kesiapan Aceh Tengah sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Pj Bupati meminta agar para pendidik mampu menjadikan sekolah mereka sebagai sekolah ramah anak.

"Keberadaan lembaga pendidikan harus mampu menjamin hak dan perlindungan, jadikan semua sekolah sebagai sekolah ramah anak yang menjamin tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikologis, serta terbebas dari berbagai bentuk kekerasan, penelantaran, intimidasi dan eksplotasi anak" lanjutnya.

Sementara, terkait pelaksanaan pemilu tahun 2024, para siswa, khususnya tingkat SMA yang sebagian akan menjadi pemilih pemula, Pj Bupati berharap agar menjadi pemilih yang cerdas.

Mulai jam 07.30 WIB tadi, semua pimpinan OPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, serentak melaksanakan instruksi Pj Bupati ini. Seperti Dinas Kominfo yang diwakili oleh Pranata Siaran, Fathan Muhammad Taufiq, bertindak sebagai inspektur upacara di SD Negeri 2 Bebesen, Aceh Tengah.

Dihadapan Kepala Sekolah, Dewan Guru dan perwakilan wali murid, serta sekitar 150 siswa tingkat sekolah dasar tersebut, Fathan juga membacakan amanat tertulis Pj Bupati Aceh Tengah.

Upacara yang didahului dengan pengibaran bendera merah putih oleh para siswa ini, berlangsung khidmad, tertib dan lancar. []

Share:
Komentar

Berita Terkini