Dandim 0101/KBA Hadiri Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat Kodam TA 2024

Editor: Syarkawi author photo


Aceh Besar – Komandan Kodim 0101/KBA, Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), menghadiri kegiatan Upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat Kodam IM TA 2024, yang diselenggarakan oleh Kodam Iskandar Muda di wilayah Kodim 0101/KBA.

Dengan mengusung tema “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Pembukaan kegiatan Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P., bertempat di Lapangan Beungong Jeumpa, Desa Jantho Makmur, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (03/02/2024).

Dalam Amanatnya Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P., menyampaikan penyelenggaraan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bernegara demi melestarikan keanekaragaman hayati dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Hal ini selaras dengan tema Perkemahan Pramuka kali ini yaitu “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”. Tema menjadi atensi kita bersama dalam rangka membina dan meningkatkan kesadaran generasi muda yang berwawasan lingkungan dan bersatu dengan alam guna menghadapi dampak perubahan iklim,” ujar Pangdam IM.

Perkemahan pramuka akan berlangsung selama tiga hari, dengan materi-materi yang dilaksanakan antara lain pengetahuan dasar kepramukaan, praktek lima krida saka wira kartika, karya bakti dan bakti sosial.

Dengan waktu yang relatif singkat ini, diharapkan para peserta mampu mengikuti Perkemahan Pramuka ini dengan penuh semangat, serta berupaya sekuat tenaga menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diberikan agar dapat menjadi bekal dalam sebagai bagian dari komponen masyarakat yang mampu berkarya membangun diri, keluarga dan lingkungannya. 

Setelah Upacara Pangdam Iskandar Muda didampingi Dandim 0101/Kota Banda Aceh melanjutkan kegiatan pelepasan Kontingen penanaman pohon, peninjauan Posko (Bhakti Sosial) pengobatan Massal serta pemberian tali asih (sembako) kepada masyarakat secara Simbolis, serta penanaman pohon secara serentak dan terakhir kegiatan tersebut diakhiri dengan Vicon bersama Bapak KASAD secara terpusat yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI-AD.

Hadir dalam Acara tersebut, Pj. Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Kabinda Aceh, Kasdam IM, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, para Pejabat Utama Jajaran Kodam IM, Kadistanbun Provinsi Aceh, Kadis Kesehatan Provinsi Aceh, Ka Kwarda Aceh (Perwakilan Kwarda Aceh), Kadistanbun Aceh Besar, Kadis Kesehatan Aceh Besar, Kapolres Aceh Besar, Ka Kwarcab 23 Kab/Kota, Kepala BPDAS Aceh, kepala DLHK Aceh, para pimpinan Dewan Saka Pramuka, dan peserta perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini