Kakanwil: Awali Tahun Ajaran Baru 2021-2022 dengan Sikap Optimis

Editor: Syarkawi author photo



Banda Aceh —Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, tahun ajaran baru tahun 2021-2022 harus diawali dengan sikap optimis.

Hal ini disampaikan Iqbal saat membuka kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah  (Matsama) Tahun 2021-2022 secara daring. Kegiatan ini diikuti para siswa baru MAN IC dan Madrasah Reguler di kabupaten Aceh Timur. Berdasarkan kalender pendidikan, tahun ajaran baru 2021-2022 dimulai Senin, 12 Juli 2021.

“Hari ini merupakan awal pembelajaran tahun ajaran 2021-2022 tidak hanya di tingkat MA tapi semua tingkatan madrasah,  baik RA, MIN, MTsN dan juga sekolah di lingkup lembaga yang lain memulai awal tahun pembelajaran 2021-2022.

Mudah-mudahan menjadi awal yang baik bagi kita semua terutama dalam menjalankan pembelajaran di madrasah. Walaupun masih Covid-19  kami berharap kondisi seperti ini tidak membuat kita putus harapan dan tidak bergerak,” ujar Iqbal, didampingi Kabid Penmad, Drs H Mukhlis MPd.

Ia mengatakan, dalam suasana Covid-19, pembelajaran harus tetap berjalan meskipun dengan menerapkan protokol yang ketat.

“Kami mengapresiasi Kepala MAN  di Aceh Timur untuk berinisiasi apa yang bisa dilakukan, baik pembelajaran yang dilakukan secara daring dan luring, yang jelas pembelajaran transfer knowledge ini tidak terputus meskipun sedang pandemi,” katanya.

Iqbal juga berharap para siswa dan siswi untuk belajar dengan serius serta menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemi.

“Kepada anak-anak kami untuk tetap optimis dan semangat belajar. Bagi anak-anak kami yang dari luar daerah yang dulunya tinggal bersama orang tua namun sekarang mungkin harus tinggal di asrama kami harap juga tetap semangat,” ungkap Iqbal.

Iqbal juga mengrapresiasi seluruh kepala MAN di Aceh Timur yang telah menginisiasi kegiatan masa perkenalan siswa baru secara serentak dan bersama-sama di MAN Insan Cendikia Aceh Timur.

“Selamat kepada madrasah negeri dan swasta yang hari ini secara bersama melaksanakan kegiatan Matsama. Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan mendapat keberkahan dari Allah,” ujar Iqbal.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendikia Aceh Timur Sulfan SAg MA mengatakan, kegiatan Matsama yang digelar bersama-sama MAN di Aceh Timur untuk menyambut tahun ajaran baru sekaligus untuk menyemangati para siswa baru sebelum melaksanakan pembelajaran di madrasah.

Ia mengatakan, di tengah wabah, pembelajaran di MAN IC dan madrasah lainnya di Aceh Timur tetap berjalan dengan lancar dan pembelajaran  disesuaikan dengan kondisi daerah.

“Secara serentak dan sesuai kalender pendidikan bahwa hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran 2021-2022 di  MAN Insan Cendikia dan madrsah lainnya baik daring maupun luring tergantung daerah iru sendri. Untuk Aceh Timur kami akan melaksanakan secara tat.[*]
Share:
Komentar

Berita Terkini