Usung Inovasi Jembatan Tangguh Banjir, USK Juara II Karya Tulis Ilmiah

Editor: Syarkawi author photo

 Usung Inovasi Jembatan Tangguh Banjir, USK Juara II Karya Tulis Ilmiah

Banda Aceh  – Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) meraih Juara II pada kompetisi tulisan ilmiah (National Paper Competition), yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta dalam rangkaian event Civil Engineering Festival (CivFest) tahun 2023.

CivFest tahun ini diikuti oleh lebih kurang 100 tim dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Event ini dilaksanakan sejak Juni sampai dengan Agustus 2023, dengan beberapa tahapan seleksi yang dilakukan.

Wakil USK bernama Tim Ursa Major dari Fakultas Teknik, dengan komposisi skuad: Muhammad Fathin Kurnia, Anggiska Salsabila Ginting, dan Aras Fadel Isran. Mereka dibimbing Dr. Ir. Yunita Idris, ST., M.Eng.Structure, dosen pada bidang struktur, Jurusan Teknik Sipil FT USK.

Tim Ursa Major, menulis tentang inovasi jembatan, dengan judul: Solid Ribbed Arch dengan Metode CFST Geopolimer sebagai Jembatan Tangguh Banjir. Mengusung konsep inovasi jembatan pelengkung tanpa pilar, untuk menghindari terjangan arus yang dapat merusak jembatan pada kondisi banjir.

“Kami mencoba mencari beberapa alternatif untuk desain jembatan yang dapat bertahan pada kondisi arus deras, terutama di waktu-waktu curah hujan tinggi,” ujar Fathin, Selasa (5/9/2023).

Konsep ini dirumuskan untuk mencari jawaban permasalahan pada potensi kerusakan jembatan pada luapan air akibat banjir, dengan studi kasus di daerah Lamsie, Kuta Cot Glie, Aceh Besar.

“Jembatan pelengkung merupakan salah satu desain jembatan yang dapat dibangun tanpa tiang vertikal, sehingga meminimalisir terjangan beban lateral dari arus,” imbuh Aras.

Lebih jauh, Anggiska menambahkan, material jembatan pelengkung dapat dibuat dari material concrete filled steel tube (CFST), dengan tambahan serat geopolimer. Hal itu mereka pilih setelah merujuk pada artikel ilmiah yang dijadikan referensi.

Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof. Dr. Ir. Agussabti M.Sc menyampaikan selamat atas capaian tersebut. Prestasi ini menjadi salah satu penanda bahwa USK bisa berbicara banyak di tingkat nasional.

“Yang terpenting dari karya ilmiah Tim Ursa Major USK adalah kemanfaatan bagi masyarakat. Terutama menyangkut mobilitas warga, terhadap jembatan yang tahan terhadap banjir. Selamat untuk prestasi membanggakan ini,” ucap Prof Agussabti.

Untuk diketahui, CivFest merupakan platform yang ditujukan untuk melahirkan profesional-profesional muda dalam bidang Teknik Sipil, yang tangkas dalam melaksanakan proyek-proyek pembangunan.

Pengumuman juara dari kompetisi CivFest ini dilangsungkan pada Kamis, 24 Agustus 2023 di Politeknik Negeri Jakarta.(*)

sumber: infoPublik

Share:
Komentar

Berita Terkini